Senin, 05 Juli 2010

STANDAR ISI TIK SMA/MA KURIKULUM KTSP

Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA)

  1. Latar Belakang

    Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.

    Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.

    Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada jenjang SMA/MA mencakup penguasaan keterampilan komputer, prinsip kerja berbagai jenis peralatan komunikasi dan cara memperoleh, mengolah dan mengkomunikasikan informasi. Mata pelajaran ini merupakan kelanjutan dari pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah diperoleh pada jenjang SMP/MTs, sekaligus sebagai bekal bagi peserta didik untuk beradaptasi dengan dunia kerja dan perkembangan dunia termasuk pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.


     

    B. Tujuan

    Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

    1. Memahami teknologi informasi dan komunikasi
    2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
    3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
    4. Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.


 

C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
  2. Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.


 

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar


 

Kelas X, Semester 1


 

Standar Kompetensi  

Kompetensi Dasar  

1. Melakukan operasi dasar komputer  

1.1 Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur

1.2 Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi

2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi


 


 

  1. Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
  2. Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
  3. Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi teknologi informasi dan komunikasi

3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi


 


 

3.1 Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi

3.2 Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi Informasi dan komunikasi

3.3 Menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam teknologi informasi dan komunikasi

Kelas X, Semester 2


 

Standar Kompetensi  

Kompetensi Dasar  

4. Menggunakan Operating System (OS) komputer

4.1 Melakukan operasi dasar pada operating system (OS) komputer

4.2 Melakukan setting peripheral pada operating system (OS) komputer

4.3. Melakukan manajemen file

  1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata
  1. Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
  2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
  3. Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram


 

Kelas XI, Semester 1


 

Standar Kompetensi 

Kompetensi Dasar 

1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

1.1 Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses Internet

1.2 Mendeskripsikan cara akses Internet

1.3 Mempraktikkan akses Internet

1.4 Menggunakan web browser untuk memperoleh, menyimpan, dan mencetak informasi

1.5 Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi


 


 


 


 


 

Kelas XI, Semester 2


 

Standar Kompetensi


 

Kompetensi Dasar

2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi

  1. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
  2. Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram
  3. Mengolah dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram untuk menghasilkan informasi


 

Kelas XII, Semester 1


 


 

Standar Kompetensi


 

Kompetensi Dasar

  1. Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis
  1. Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
  2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
  3. Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran


 

Kelas XII, Semester 2


 


 

Standar Kompetensi


 

Kompetensi Dasar

2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi

  1. Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
  2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
  3. Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram


 


 


 

E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.


 

STANDAR ISI MATA PELAJARAN PENJASKES SMA/MA KURIKULUM KTSP

Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)

A. Latar Belakang

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.

Pendidikan memiliki sasaran pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri yang secara alami berkembang searah dengan perkembangan zaman.

Selama ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan yang hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah membawa akibat terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, seni, psikomotor, serta life skill. Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan akan memberikan peluang untuk menyempurnakan kurikulum yang komprehensif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.


 

B. Tujuan

Mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
  2. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
  3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
  4. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
  5. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
  6. Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
  7. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.


     

C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
  2. Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
  3. Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
  4. Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
  5. Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya
  6. Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung

    7. Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas X, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)

1.2 Mempraktikkan keterampilan salah satu permainan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri**)

1.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)

1.4 Mempraktikkan keterampilan salah satu cabang olahraga bela diri serta nilai kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri**)

2. Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

2.2 Mempraktikkan tes kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri.

2.3 Mempraktikkan perawatan tubuh agar tetap segar

3. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai dengan menggunakan bantuan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman

3.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerjasama dan tanggung jawab


 


 

4. Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

4.1 Mempraktikkan keterampilan gerak dasar langkah dan lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan

4.2 Mempraktikkan keterampilan dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang benar serta nilai disiplin, toleransi dan estetika

5. Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat indah sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)


 

5.1 Mempraktikkan keterampilan dasar salah satu gaya renang serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras

5.2 Mempraktikkan keterampilan teknik dasar loncat indah dari samping kolam dengan teknik serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras

6. Mempraktikkan perencanaan penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)

6.1 Mempraktikkan keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah pantai serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, melaksanakan keputusan kelompok

6.2 Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan kegiatan penjelajahan di pantai serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, keputusan dalam kelompok

6.3 Mempraktikkan keterampilan memilih makanan dan minuman yang sehat

7. Menerapkan budaya hidup sehat

7.1 Menganalisis bahaya penggunaan narkoba

7.2 Memahami berbagai peraturan perundangan tentang narkoba

Kelas X, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

8. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

8.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)

8.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri**)

8.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)

8.4 Mempraktikkan keterampilan olahraga bela diri serta nilai kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**)

9. Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

9.1 Mempraktikkan berbagai bentuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan serta nilai kejujuran, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

9.2 Mempraktikkan tes kebugaran dan interpretasi hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran serta nilai kejujuran, semangat, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

10. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

10.1 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman

10.2 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman


 


 


 


 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

11. Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

11.1 Mempraktikkan kombinasi keterampilan langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas ritmik berirama tanpa alat serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika

11.2 Mempraktikkan rangkaian senam irama tanpa alat dengan koordinasi gerak serta nilai disiplin, toleransi, keluesan dan estetika

12. Mempraktikkan keterampilan beberapa gaya renang dan pertolongan kecelakaan di air dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)


 

12.1 Mempraktikkan kombinasi teknik renang gaya dada, gaya bebas dan salah satu gaya lain serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab

12.2 Mempraktikkan keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi Jantung dan Paru (RJP) serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab

13. Mempraktikkan perencanaan penjelajahan dan penyelamatan aktivitas di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)

13.1 Mempraktikkan keterampilan dasar-dasar kegiatan menjelajah gunung serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong-menolong, dan melaksanakan keputusan dalam kelompok

13.2 Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di pegunungan serta nilai tanggung jawab, kerjasama, toleransi, tolong menolong, dan melaksanakan keputusan kelompok

13.3 Mempraktikkan keterampilan penjagaan lingkungan yang sehat

14. Menerapkan budaya hidup sehat

14.1 Menganalisis dampak seks bebas

14.2 Memahami cara menghindari seks bebas


 

Kelas XI, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dengan teknik dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya.

  1. Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan olahraga bola besar secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya diri **)

    1.2 Mempraktikkan keterampilan teknik bermain salah satu permainan olahraga bola kecil secara sederhana serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, kerja keras dan percaya diri**)

    1.3 Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu nomor atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri **)

    1.4 Mempraktikkan keterampilan teknik penyerangan salah satu permainan olahraga bela diri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai orang lain, kerja keras dan percaya diri**)

2. Mempraktikkan aktivitas pengembangan untuk meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara pengukurannya dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan kelincahan, power dan daya tahan untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

2.2 Mempraktikkan tes untuk kelincahan, power dan daya tahan dalam kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

3. Mempraktikkan keterampilan senam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

3.1 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman

3.2 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam ketangkasan tanpa menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman


 


 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

4. Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

4.1 Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak lanjutan serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan dan estetika


 

4.2 Mempraktikkan keterampilan aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai disiplin, toleransi,kerja sama, keluesan dan estetika

5. Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat indah dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)


 

5.1 Mempraktikkan keterampilan salah satu gaya renang untuk pertolongan serta nilai disiplin, keberanian, kerja sama, dan kerja keras

5.2 Metakukan keterampilan loncat indah dari papan satu meter dengan teknik serta nilai disiplin, keberanian dan kerja keras

6. Menerapkan budaya hidup sehat

6.1 Memahami bahaya HIV/AIDS

6.2 Memahami cara penularan HIV/AIDS

6.3 Memahami cara menghindari penularan HIV/AIDS


 

Kelas XI, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

7. Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik , dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

7.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri **)

7.2. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, toleransi dan percaya diri**)

7.3. Mempraktikkan teknik salah atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri**)

7.4. Mempraktikkan keterampilan teknik salah satu permainan olahraga bela diri serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, percaya diri.**)

8. Meningkatkan kualitas kebugaran jasmani dan cara pengukurannya dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

8.1 Mempraktikkan latihan sirkuit untuk peningkatan kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri

8.2 Mempraktikkan peningkatan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

8.3 Mempraktikkan tes untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

9. Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan dengan alat dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

9.1 Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan dengan menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman

9.2 Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan tanpa menggunakan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman


 


 


 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

10. Mempraktikkan aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi yang baik dan nilai yang terkandung di dalamnya

10.1 Mempraktikkan koombinasi gerak berirama menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan

10.2 Merangkai aktivitas ritmik menggunakan alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan

11. Mempraktikkan dasar pertolongan kecelakaan di air dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)

11.1 Mempraktikkan keterampilan kombinasi gerakan renang serta nilai disiplin, kerja sama serta keberanian

11.2 Mempraktikkan keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi Jantung dan Paru (RJP) serta nilai disiplin dan tanggungjawab

12. Mempraktikkan perencanaan dan keterampilan penjelajahan, dan penyelamatan di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)

12.1 Mempraktikkan keterampilan merencanakan penjelajahan di perbukitan

12.2 Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di perbukitan serta nilai disiplin, tanggungjawab dan keselamatan

13. Menerapkan budaya hidup sehat

13.1 Memahami cara pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan

13.2 Menerapkan pola hidup sehat


 

Kelas XII, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar lanjutan dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**)

1.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toeleransi, kerja keras dan percaya diri**)

1.3 Mempraktikkan teknik atletik dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)

1.4 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bela diri secara berpasangan dengan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai lawan, kerja keras, percaya diri dan menerima kekalahan**)

2. Mempraktikkan perancangan aktivitas pengembangan untuk peningkatan dan pemeliharaan kebugaran jasmani

2.1 Merancang program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

2.2 Melaksanakan program latihan fisik sesuai dengan prinsip-prinsip latihan yang benar serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

3. Mempraktikkan rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsep yang benar dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

3.1 Mempraktikkan keterampilan gerakan kombinasi rangkaian senam lantai serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman

3.2. Mempraktikkan keterampilan gerakan kombinasi rangkaian senam ketangkasan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, dan menghargai teman


 


 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

4. Mempraktikkan satu rangkaian gerak berirama berbentuk aktivitas aerobik secara beregu dengan diiringi musik dan nilai nilai yang yerkandung di dalamnya

4.1. Mempraktikkan keterampilan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kedisiplinan, percaya diri, keluwesan, dan estetika

4.2 Mempraktikkan keterampilan menyelaraskan antara gerak dan irama dengan iringan musik serta nilai kerjasama, disiplin, percaya diri, keluwesan, dan estetika

5. Mempraktikkan berbagai gaya renang lanjutan dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)

5.1 Mempraktikkan keterampilan renang gaya dada lanjutan serta nilai disiplin, kerja keras dan keberanian

5.2 Mempraktikkan keterampilan renang gaya bebas lanjutan serta nilai disiplin, kerja keras dan keberanian

5.3 Mempraktikkan keterampilan renang gaya punggung lanjutan serta nilai disiplin, kerja keras dan keberanian

5.4 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang lanjutan lainnya serta nilai disiplin, kerja keras dan keberanian


 

Kelas XII, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

6. Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

6.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar dengan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri**)

6.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan peraturan sebenarya serta nilai kerjasama, , kejujuran, menerima kekalahan kerja keras dan percaya diri**)

6.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan,kerja keras dan percaya diri**)

6.4 Mempraktikkan keterampilan bela diri secara berpasangan dengan menggunakan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan kerja keras dan percaya diri**)

7. Memelihara tingkat kebugaran jasmani yang telah dicapai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

7.1 Mempraktikkan program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran jasmani

7.2 Mempraktikkan membaca hasil tes bedasarkan tabel yang cocok

8. Mengkombinasikan rangkaian gerakan senam lantai dan senam ketangkasan dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

8.1 Mempraktikkan rangkaian gerakan senam lantai serta nilai percaya dirim, tanggung jawab, kerja sama, dan percaya kepada teman

8.2. Mempraktikkan rangkaian gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, tanggungjawab, kerja sama, dan percaya kepada teman

9. Mempraktikkan satu rangkaian gerak berirama secara beregu dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

9.1 Mempraktikkan rangkaian gerak senam aerobik dengan iringan musik serta nilai kerjasama, disiplin, keluwesan dan estetika

9.2 Mempraktikkan senam irama tradisional sesuai budaya daerah secara berkelompok serta nilai kerjasama, disiplin, percaya diri, keluwesan dan estetika

10. Mempraktikkan keterampilan penguasaan berbagai teknik gaya renang dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)

10.1 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk kepentingan bermain di air dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian

10.2 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk estafet sesuai dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian

10.3 Mempraktikkan keterampilan berbagai gaya renang untuk kepentingan pertolongan serta nilai disiplin, sportif, jujur, toleran, kerja keras, dan keberanian

11. Mengevaluasi kegiatan luar kelas/sekolah dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)

11.1 Mengevaluasi kegiatan di sekitar sekolah serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi

11.2 Mengevaluasi kegiatan di alam bebas serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi

11.3 Mengevaluasi kegiatan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi

11.4 Mengevaluasi kegiatan karya wisata serta nilai percaya diri, kebesamaan, saling menghormati, toleransi, etika, dan demokrasi

12. Mempraktikkan budaya hidup sehat

12.1 Mempraktikkan pola hidup sehat

12.2 Menampilan perilaku hidup sehat


 

Keterangan

  1. *) Diajarkan sebagai kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah

**) Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas dan peralatan yang tersedia

***) Diajarkan sebagai kegiatan yang dapat dilakukan dalam semester 1 dan atau semester 2

  1. Untuk pembinaan peserta didik yang berminat terhadap salah satu atau beberapa cabang tertentu dapat dilakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler


 


 

E.
Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

STANDAR ISI PELAJARAN SENI BUDAYA SMA/MA KURIKULUM KTSP

    Mata Pelajaran Seni Budaya untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA)

A. Latar Belakang

Muatan seni budaya sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran karena budaya itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan. Dalam mata pelajaran Seni Budaya, aspek budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni. Karena itu, mata pelajaran Seni Budaya pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya.

Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan diberikan di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi melalui pendekatan: "belajar dengan seni," "belajar melalui seni" dan "belajar tentang seni." Peran ini tidak dapat diberikan
oleh mata pelajaran lain.

Pendidikan Seni Budaya memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya. Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan mancanegara. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.

Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional.

Bidang seni rupa, musik, tari, dan teater memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing. Dalam pendidikan seni budaya, aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut yang tertuang dalam pemberian pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan kreasi. Semua ini diperoleh melalui upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses, dan teknik berkarya dalam konteks budaya masyarakat yang beragam.

Tujuan

Mata pelajaran Seni Budaya bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

1. Memahami konsep dan pentingnya seni budaya

2. Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya

3. Menampilkan kreativitas melalui seni budaya

4. Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional, maupun global.


 

C. Ruang Lingkup

Mata pelajaran Seni Budaya meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

  1. Seni rupa, mencakup keterampilan dalam menghasilkan karya seni rupa murni dan terapan
  2. Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, berkarya dan apresiasi karya musik
  3. Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan eksplorasi gerak tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, berkarya dan apresiasi terhadap gerak tari
  4. Seni teater, mencakup keterampilan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara yang pementasannya memadukan unsur seni musik, seni tari dan seni peran.


 

Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang seni yang akan diikutinya.


 

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar


 

Kelas X, Semester 1


 

Standar Kompetensi 

Kompetensi Dasar 

Seni Rupa

 

1. 

Mengapresiasi karya seni rupa

1.1 

Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat

  

1.2 

Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat

2. 

Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

2.1


 


 

2.2 

Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat

Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat

Seni Musik

 

3.

Mengapresiasi karya seni musik 

3.1

Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat

  

3.2

Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional setempat. 

. 

 

3.3

Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik tradisional setempat

4.

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 

4.1

Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik/lagu tradisional daerah setempat

  

4.2

Menampilkan lagu yang telah diaransir di kelas

Seni Tari 

 

5.

Mengapresiasi karya seni tari

5.1

Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari Nusantara dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat

  

5.2

Mengidentifikasi keunikan gerak, kostum, iringan tari Nusantara dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat dalam bentuk tari tunggal

6.

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari 

6.1

Mengidentifikasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi Nusantara daerah setempat dalam bentuk tari tunggal

  

6.2

Menampilkan seni tari kreasi Nusantara daerah setempat dalam bentuk tari tunggal

Seni Teater

 

7.

Mengapresiasi karya seni teater 

7.1

Mendeskripsikan perkembangan teater tradisional daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat

  

7.2

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater tradisional daerah setempat 

  

7.3

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater tradisional daerah setempat


 


 


 


 


 


 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar 

8.

Mengekspresikan diri melalui seni teater 

8.1


 

8.2


 

8.3

Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara

Merancang pergelaran teater tradisional daerah setempat

Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater

 


 

Keterangan:

Seni rupa terapan: Seni rupa yang memiliki fungsi praktis, meliputi disain dan seni kriya.


 

Kelas X, Semester 2


 

Standar Kompetensi 

Kompetensi Dasar 

Seni Rupa

 

9.

Mengapresiasi karya seni rupa 

9.1

Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara

  

9.2

Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara

10.

Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa 

10.1

Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara

  

10.2

Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara 

  

10.3

Menyiapkan karya seni rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah

  

10.4

Menata karya seni rupa buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah

Seni Musik

 

11.

Mengapresiasi karya seni musik

11.1

Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik non tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat

  

11.2

Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional setempat

  

11.3

Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik non tradisional setempat

12.

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

12.1

Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik non tradisional daerah setempat

  

12.2

Menyiapkan pertunjukan musik tradisional dan non tradisional di sekolah

  

12.3

Menggelar pertunjukan musik tradisional dan non tradisional di sekolah

Seni Tari

 

13.

Mengapresiasi karya seni tari

13.1

Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari Nusantara daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat

  

13.2

Mengidentifikasi keunikan gerak, kostum, iringan tari Nusantara daerah setempat yang berpasangan/ kelompok dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat

14.

Mengekspesikan diri melalui karya seni tari

14.1

Mengidentifikasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi daerah setempat dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/ kelompok

  

14.2

Menampilkan seni tari kelompok/

berpasangan berdasarkan tari Nusantara daerah setempat

  

14.3

Menyiapkan pertunjukan karya seni tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/ kelompok di kelas atau sekolah

  

14.4

Menggelar pertunjukan karya seni tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/ kelompok di kelas atau sekolah

Teater

 

15.

Mengapresiasi karya seni teater

15.1

Mendeskripsikan perkembangan teater non tradisional daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat

  

15.2

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater non tradisional daerah setempat

  

15.3

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater non tradisional daerah setempat

16.

Mengekspresikan diri melalui karya seni teater

16.1

Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara

  

16.2

Merancang pergelaran karya seni teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional daerah setempat

  

16.3

Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater 

  

16.4

Menyiapkan pertunjukan teater tradisional daerah setempat dan teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional daerah setempat

  

16.5

Menggelar pertunjukan teater tradisional daerah setempat dan teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional daerah setempat


 


 

Kelas XI, Semester 1


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Seni Rupa (IPS, Bahasa)

1. 

Mengapresiasi karya seni kriya 

1.1 

Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara 

  

1.2 

Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara

2.

Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya 

2.1

Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara 

  

2.2

Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara

  

2.3

Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah

  

2.4

Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah

Seni Rupa (IPA)

 

1. 

Mengapresiasi karya seni rupa 

1.1 

Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan Nusantara

  

1.2 

Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara

2. 

Membuat karya seni rupa 

2.1 

Menggambar teknik/mistar 

  

2.2 

Merancang karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara

  

2.3 

Membuat karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara 

Seni Musik

 

3.

Mengapresiasi karya seni musik 

3.1

Mengidentifikasi makna dan peranan musik tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat

  

3.2

Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal yang terkandung pada musik tradisional Nusantara

4.

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 

4.1

Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik tradisional Nusantara

  

4.2

Menampilkan karya musik yang telah diaransir di kelas

Seni Tari

 

5.

Mengapresiasi karya seni tari

5.1

Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal Nusantara sesuai konteks budaya masyarakat

  

5.2

Mendiskripsikan unsur estetis tari tunggal Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan

  

5.3

Mengidentifikasi keunikan tari tunggal Nusantara dalam konteks budaya masyarakat

6.

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari

6.1

Menyusun sinopsis kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari Nusantara. 

  

6.2

Menampilkan kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari Nusantara


 

Seni Teater

 

7.

Mengapresiasi karya seni teater

7.1

Mengidentifikasi makna, simbol/filosofi, serta peran teater tradisional dalam konteks kehidupan budaya masyarakat

  

7.2

Menunjukkan kualitas estetis teater tradisional Nusantara berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan

  

7.3

Menunjukkan pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional Nusantara

8.

Mengekspresikan diri melalui karya seni teater

8.1

Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara 

  

8.2

Merancang karya seni teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional Nusantara

  

8.3

Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater


 

Kelas XI, Semester 2


 

Standar Kompetensi 

Kompetensi Dasar 

Seni Rupa (IPS, Bahasa)

 

9.

Mengapresiasi karya seni kriya 

9.1

Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya Mancanegara

  

9.2

Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya Mancanegara

10.

Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya 

10.1

Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di Mancanegara

  

10.1 

Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di Mancanegara 

  

10.2 

Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah 

  

10.3 

Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah

Seni Rupa (IPA)

 

11.

Mengapresiasi karya seni rupa 

11.1

Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan Mancanegara 

  

11.2

Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Mancanegara

12.

Membuat karya seni rupa 

12.1

Menggambar teknik/Proyeksi 

  

12.2

Merancang karya seni dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan  

  

12.3

Membuat karya seni dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan

  

12.4

Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah 

  

12.5

Menata karya seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah

Seni Musik

 

13.

Mengapresiasi karya seni musik

13.1

Mengidentifikasi makna dan peranan musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat

  

13.2

Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal yang terkandung pada musik non tradisional Nusantara

14.

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

14.1

Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik non tradisional Nusantara

  

14.2

Menyiapkan pertunjukan musik di kelas

  

14.3

Menggelar pertunjukan musik di kelas

Seni tari

 

15.

Mengapresiasi karya seni tari

15.1

Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari kelompok/ berpasangan Nusantara sesuai konteks budaya masyarakat

  

15.2

Mendeskripsikan unsur estetis tari kelompok/berpasangan Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan

  

15.3

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan tari kelompok/berpasangan Nusantara dalam konteks budaya masyarakat

16.

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari

16.1

Menyusun sinopsis kreasi tari kelompok/berpasangan berdasarkan tari Nusantara

  

16.2

Mempertunjukkan karya seni tari kelompok/berpasangan kreasi sendiri dan kreasi orang lain di sekolah

Seni Teater

 

17.

Mengapresiasi karya seni teater

17.1

Mengidentifikasi makna, simbol/filosofi, serta peran teater non tradisional dalam konteks kehidupan budaya masyarakat

  

17.2

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap kualitas estetis teater non tradisional Nusantara berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan

  

17.3

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) teater non tradisional Nusantara

18.

Mengekspresikan diri melalui karya seni teater

18.1

Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara 

  

18.2

Merancang teater kreatif berdasarkan teater non tradisional Nusantara

  

18.3

Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater

  

18.4

Menyiapkan pertunjukan teater tradisional dan non tradisional yang telah dirancang

  

18.5

Menggelar pertunjukan teater tradisional dan non tradisional yang telah dirancang


 


 

Kelas XII, Semester 1


 

Standar Kompetensi 

Kompetensi Dasar 

Seni Rupa (IPS, Bahasa)

 

1. 

Mengapresiasi karya seni rupa

1.1

Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer

  

1.2 

Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer Mancanegara

  

1.3

Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer

2. 

Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

2.1

Merancang karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara

  

2.2

Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara

Seni Rupa (IPA)

 

1. 

Mengapresiasi karya seni rupa 

1.1

Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa modern/kontemporer

  

1.2 

Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer Mancanegara 

  

1.3 

Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer

2. 

Membuat karya seni rupa 

2.1 

Menggambar teknik/ perspektif

  

2.2 

Merancang karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara

  

2.3 

Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara

Seni Musik

 

3.

Mengapresiasi karya seni musik

3.1

Mengidentifikasi makna dan peranan musik Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat

  

3.2

Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukan karya musik Nusantara

4.

Mmengekspresikan diri melalui) karya seni musik

4.1

Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik Nusantara

  

4.2

Menampilkan karya musik yang telah diaransir

Seni Tari

 

5.

Mengapresiasi karya seni tari

5.1

Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal kreasi nonetnik sesuai konteks budaya masyarakat daerah setempat

  

5.2

Mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok kreasi nonetnik dalam konteks kehidupan budaya masyarakat daerah setempat

  

5.3

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan tari tunggal kreasi nonetnik dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat

6.

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari

6.1

Menyusun sinopsis kreasi tari tunggal non etnik

  

6.2

Menyusun sinopsis kreasi tari kelompok nonetnik


 

Seni Teater

 

7.

Mengapresiasi karya seni teater

7.1

Mengidentifikasi makna dan peranan pertunjukan teater tradisional mancanegara (Asia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakat

  

7.2

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis teater tradisional mancanegara (Asia) berdasarkan pengamatan pertunjukan

  

7.3

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional Mancanegara (Asia)

8.

Mengekspresikan diri melalui karya seni teater

8.1

Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara 

  

8.2

Merancang karya teater kreatif yang dikembangkan dari teater tradisional mancanegara (Asia)

  

8.3

Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater


 

Kelas XII, Semester 2


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar 

Seni Rupa (IPS, Bahasa)

 

9.

Mengapresiasi karya seni rupa 

9.1


 

9.2

Membandingkan seni rupa tradisional dengan seni rupa modern/kontemporer

Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer di Indonesia

  

9.3

Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer di Indonesia

10.

Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa 

10.1

Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam corak dan teknik seni rupa

  

10.2

Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara 

  

10.3

Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran sekolah atau luar sekolah 

  

10.4

Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau luar sekolah

Seni Rupa (IPA)

 

9.

Mengapresiasi karya seni rupa 

9.1

Membandingkan corak seni rupa tradisional dengan seni rupa modern/kontemporer

  

9.2

Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer di Indonesia

  

9.3

Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer Indonesia dengan memperhatikan konteks kehidupan masyarakat


 

10.

Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa 

10.1

Menggambar teknik/ perspektif lanjutan

  

10.2

Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam corak dan teknik seni rupa

  

10.3

Menyiapkan karya seni rupa yang telah diciptakan untuk pameran di sekolah atau luar sekolah

  

10.4

Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau luar sekolah

Seni Musik

 

11.

Mengapresiasi karya seni musik

11.1

Mengidentifikasi makna dan peranan musik tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat

  

11.2

Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukan karya musik tradisional Mancanegara (NonAsia)

12.

Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

12.1

Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik tradisional Mancanegara (NonAsia)

  

12.2

Menyiapkan pertunjukan musik tradisional, non tradisional atau Mancanegara (NonAsia) di sekolah atau luar sekolah

  

12.3

Menampilkan pertunjukan musik tradisional, non tradisional atau Mancanegara (NonAsia) di sekolah atau luar sekolah


 


 

Standar Kompetensi 

Kompetensi Dasar 

Seni Tari

 

13.

Mengapresiasi karya seni tari

13.1

Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal Mancanegara (NonAsia) sesuai konteks budaya masyarakatnya

  

13.2

Mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok Mancanegara (NonAsia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya

  

13.3

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan tari tunggal Mancanegara (NonAsia) dalam konteks budaya masyarakatnya

14.

Mengekspresikan diri melalui karya seni tari

14.1

Menyusun sinopsis kreasi tari tunggal dan kelompok

  

14.2

Menyiapkan pertunjukan seni tari kreasi (tari tunggal dan kelompok) di sekolah

  

14.3

Mempertunjukkan seni tari kreasi (tari tunggal dan kelompok) di sekolah

Seni Teater

 

15.

Mengapresiasi karya seni teater

15.1

Mengidentifikasi makna dan peranan pertunjukan teater non tradisional mancanegara (NonAsia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakat

  

15.2

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis teater non tradisional Mancanegara (NonAsia) berdasarkan pengamatan pertunjukan

  

15.3

Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) teater non tradisional Mancanegara (NonAsia)


 


 

16

Mengekspresikan diri melalui karya seni teater

16.1

Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara 

  

16.2

Merancang karya teater kreatif yang dikembangkan dari teater non tradisional Mancanegara (NonAsia)

  

16.3

Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater

  

16.4

Menyiapkan pertunjukan teater kreatif yang diciptakan sendiri

  

16.5

Menggelar pertunjukan teater kreatif yang diciptakan sendiri


 


 

Arah Pengembangan


 

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian